Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran lazimnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Adat yang sudah lama dikerjakan semenjak dulu ini menjadi prosesi seharusnya dalam tiap-tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang linglung hakekatnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah langsung aja Sputnik beri tau apa saja hakekatnya isi seserahan pernikahan yang lazimnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Peralatan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol pengarahannya kelak kepada sang istri. Untuk isinya diawali dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Peralatan Mandi

Lazimnya untuk perlengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wangi-wangian.

Baju Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tapi untuk urusan membelinya umumnya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih cantik.

Peralatan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini biasanya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, lazimnya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap-tiap produk kosmetik yang diaplikasikan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bercahaya dan penuh kemauan. Akan tetapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama layak dengan budget kalian . Jikalau sang wanita menginginkan, dan pihak pria bisa menyanggupi karenanya hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan.

Peralatan Pesta

Perlengkapan pesta ini beraneka – tipe isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk sebagian kebiasaan adat istiadat semisal betawi wajib menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian kultur yang membawa makanan manis supaya garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebetulnya ngga ada ketentuan wajib. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan namun ada sebagian tradisi seperti Jawa yang lazimnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sebenarnya ngga ada item wajib banget yang semestinya sama. Balik lagi seluruh isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang kebutuhan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan dipakai oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang lazimnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria biasanya lebih sederhana dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita mau memberikan apa saja sebab sebetulnya isi seserahan untuk pria tidak sepatutnya.


Baca Artikel Terkait Tentang Daftar Barang Seserahan Wajib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *